Minggu, 14 Desember 2014

Blackforest Cake

Sabtu kemarin dapat pesanan dadakan utk BF kek ini. Sempat panik karena saat itu posisi sedang gak di rumah, parahnya lagi stok bahan seperti cherry merah juga gak punya :(

Alhamdulillah, sampe rumah langsung ngadon dan baking based kek. Butuh waktu 2 jam untuk buat kek ini, mulai dari menimbang sampai mendekornya.

Buat tukang kue, segala capek itu sirna kalo customer puas dengan kek nya.


Kamis, 11 Desember 2014

Pandur aka Pancake Durian

Si Pandur ini salah satu cemilan kesukaan anak bungsuku. Berisikan daging durian medan dan cream yang bila disajikan dingin membuat lupa dengan sekitar, lezatos...

Dim Sum

Panganan yang satu ini kesukaan kami sekeluarga. Berawal dari seringnya membeli dim sum, mulai berfikir untuk membuat sendiri di rumah.
Selain lebih hemat, kandungan bahan-bahannya lebih terkontrol baik dari sisi kehalalannya maupun kebersihannya.

Senin, 08 Desember 2014

Ayam Kodok

Apa yang terlintas bila disebutkan ayam kodok?
Kalau ditanyaksn pada anak-anakku, yang terbayang dalam benak mereka adalah ayam yang bercampur dengan kodok atau ayam yang bergaya kodok xixixi.
Ayam yang satu ini sama sekali gak ada kaitannya dengan kodok, binatang amphibia itu.
Konon penggunaan kata kodok dalam hal ini mengacu pada bahasa daerah yaitu dikodok-kodok yang lebih kurang mengacu pada kegiatan semacam merogoh. Memang dalam proses pembuatannya kulit ayam dipisahkan dengan dagingnya. Daging kemudian diberikan bumbu rempah dan dimasukkan kembali kedalam kulit. Ayam kemudian dipanggang hingga matang.
Menu ini banyak disajikan pada saat natal.
Masih inggatkah adegan dalam film mr. Bean pada saat thankgiving, saat kepalanya masuk dalam kalkun besar?
Ayam kodok ini hampir mirip dengan si kalkun mr. Bean. Hanya sajs isian perut di kalkun diisi dengan helbal dan tanpa memisahkan kulit dan dagingnya.
Perlu keterampilan dan ketelatenan serta ketelitian untuk mengolah hidangan ini. Kalo gak telaten bisa dipastikan si kulit compang camping, xixixi

Minggu, 07 Desember 2014

Pempek Tanpa Ikan

Pengen makan pempek tapi gak punya ikan? Jangan khawatir, banyak cara untuk tetap dapat menikmati panganan wong kito yang satu ini.
Biasanya di kampung kami, Palembang, pempek tanpa ikan ini disebut pempek dos atau pempek bohong :D bukan karena si pempek ini suka PHP lho :)
Jangan khawatir kalo pempek ini berubah alot kalo sudah dingin...dijamin tetap empuk. Kalo merasa ribet untuk membuatnya, boleh kok pesan sama aku xixixi.

Puding Ubi Ungu

Puding yang satu ini rasanya cukup unik, perpaduan ubi ungu dan santan kelapa - manisnya ubi ungu dan gurihnya santan, menggugah selera terlebih bila disajikan dingin mmmmm yummmy...

Ubi ungu ini banyak banget di pasar tradisional. Olahan ubi ungu ini juga sudah banyak ragamnya. Selain dibuat puding aku pernah mencoba untuk membuat donat ubi ungu ini. Enak ...berikutnya penasaran pengen coba cake lapis ubi ungu ah... atau candil juga sepertinya menarik juga :)

Selasa, 02 Desember 2014

Buttercream Roses

Ada sisa buttercream yang lupa disimpan di kulkas, gak berani untuk dikonsumsi tapi sayang untuk dibuang :D 

Penasaran banget liat kek yang dihias dengan bunga-bunga BC yang cantik-cantik. Pas banget ada BC sisa, jadi bisa buat latihan. Ternyata membentuk rose dari BC gak seribet bayangan awal, termasuk mudah. Yang agak ribet justru saat memindahkan rose dari paku mawar, apalagi kalo BC nya terlalu lembut, bisa ambyar bentuknya :)

Pokoknya senang banget rasa penasaran untuk bikin rose sudah tertuntaskan tinggal penasaran bikin kek yang bertemakan flower basket xixixi

Logo lulus KBB#43


Alhamdulillah akhirnya lulus juga dari tantangan pertama KBB :) Semoga tantangan berikutnya juga bisa  lolos.